Kunjungan Peneliti Litofon dari Inggris

Menjajal musik “gamelan batu”

Perceka.org – Pada 16 April 2017 lalu Sanggar Perceka mendapatkan kunjungan dari Mike Adcock, seorang peneliti musik batu atau litofon dari Inggris. Ia mampir dalam agendanya untuk meneliti musik batu di situs Gunung Padang. Sanggar Perceka menjadi salah satu tujuan dalam agenda penelitiannya karena di Sanggar Perceka terdapat dua perangkat alat musik batu. Seperangkat berupa susunan batu dengan bentuk alami, sedangkan seperangkat lainnya telah dibentuk seperti saron gamelan yang disebut dengan saron batu.

Tangga nada yang terdapat pada alat musik batu di Sanggar Perceka adalah pentatonis (lima nada), dengan mendekati laras atau susunan nada salendro. Batu-batu disusun sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan suara yang nyaring layaknya gamelan yang terbuat dari logam.

Mike bersama rekan-rekan dari Sanggar Perceka menjajal “gamelan batu” dengan bermain bersama-sama dengan improvisasi yang menarik. Dalam kesempatan itu, Mike juga membawa dua perangkat “saron batu” yang ia buat sendiri di Inggris dan telah ditala menjadi nada salendro Sunda.

    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *